PILKATOS SMAK 1 PENABUR JAKARTA

kampanye cakatospanitia pemilukatossurat suara Pengurus MPK (Majelis Perwakilan Kelas) akhirnya sukses menyelenggarakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS (katos & wakatos) SMAK 1 pada selasa 11 November 2014. Model pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS diselenggarakan mirip pemilihan presiden dan wakil presiden di negara tercinta ini. Diharapkan model yang dijalankan ini menjadi ajang praktek pembelajaran politik dan demokrasi bagi siswa SMAK 1, sehingga mereka tidak hanya belajar teori di kelas. Bagi siswa yang menjadi panitia, kegiatan ini menjadi pembelajaran bagaimana mengelola organisasi, bagi calon katos & wakatos menjadi pembelajaran bahwa mereka harus serius dan tidak main-main, dan tentu menjadi pembelajaran bagi seluruh siswa tentang praktek melakukan pemilihan yang rahasia, jujur dan adil. Seleksi dilakukan oleh panitia yang terdiri dari MPK dan Pengurus OSIS lama didampingi Guru Pembina/Wakasis. Ada tiga tahapan yang harus dilalui, tahap pertama diawali penjaringan balon (bakal calon), tidak tanggung-tanggung para balon harus melewati serangkaian seleksi seperti:

  1. Seleksi berkas termasuk didalamnya nilai akademik.
  2. Wawancara.
  3. Tes tertulis Pengetahuan Umum.
  4. Tes kreativitas, bekerja sama dengan unit Psikologi PENABUR dan terakhir.
  5. PBB, games dan ikut kegiatan bersih-bersih lingkungan.

pemulu katos 1  pemilu katos

 

Tidak heran pasangan yang lolos sebagai calon hanya tiga pasang. Selanjutnya tahap berikutnya para pasangan calon mulai berkampanye melalui poster yang dipasang di papan-papan pengumuman serta iklan di TV Informasi Sekolah, mengomunikasikan program-program yang akan mereka jalankan. Tahap terakhir diadakan kampanye langsung yang dihadiri seluruh siswa SMAK 1 di aula lt.8.

Pada hari pencoblosan panitia sudah bagi tugas ada yang menjaga meja pendaftaran, mengawasi kotak suara dan botol tinta serta menjadi timer. Di sana juga sudah disiapkan bilik-bilik suara dan surat suara lengkap dengan foto pasangan calon bak surat suara pilpres. Tak lupa ketinggalan para paparazzi dari ShutterOne yang siap mengabadikan momen-momen menarik. Siswa akan mendatangi panitia untuk mengambil surat suara sesuai nomor urut, melakukan pencoblosan dibilik suara, selanjutnya memasukkan surat suara ke kotak suara dan mencelupkan jari ke botol tinta yang sudah disiapkan dan …… selesai sudah siswa tersebut melaksanakan hak suaranya memilih pemimpin OSIS.  Hasilnya….?  Tidak perlu menunggu lama, tidak ada quick count apalagi quick count pesanan, pada hari itu juga langsung dilakukan perhitungan suara sehingga hasilnya segera diketahui. Pada pemilu katos dan wakatos periode 2015/2016 kali ini siswa SMAK 1 mayoritas menjatuhkan pilihan pada pasangan nomor urut 2 yaitu Ibelly dan Sarah sebagai ketua dan wakil ketua  OSIS. (MB-SMAK 1). masukkan surat suara dan celup jari tintaIMG_7940 IMG_7939