PERJUSA SMAK 1 PENABUR JAKARTA

Perjusa adalah Perkemahan Jumat Sabtu. Perjusa diadakan dengan tujuan melatih kemandirian, kerjasama, dan sikap kepemimpinan siswa-siswi. Untuk merealisasikan  tujuan tersebut, SMAK 1 PENABUR Jakarta juga menyelenggarakan kegiatan kepramukaan, Perjusa

Pada tanggal 8-9 Mei 2015, SMAK 1 PENABUR Jakarta  mengadakan Perjusa bagi siswa-siswi kelas X dengan menggunakan lokasi di SMAK 1. Acara dimulai pada pukul 5.30 dengan kegiatan upacara di lapangan untuk membuka kegiatan Pada upacara pembukaan perjusa ini, Kak Yus Insan didaulat menjadi pembina upacara. Setelah upacara selesai dilanjutkan oleh sesi yang berisi beberapa games dan menyanyikan yel-yel yang sebelumnyan telah dipersiapkan  oleh masing-masing pleton. Pada saat pertengahan sesi, ada beberapa siswa yang harus meninggalkan kegiatan  terlebih dahulu karena mereka menjadi perwakilan dari setiap kelompok yang harus mempersiapkan makan malam untuk regunya masing-masing. Sesi ini dipimpin oleh tiga  instruktur kakak pembina  dari Racana Universitas Negeri Jakarta yaitu Kak Udin, S.Pd., Kak Andry, S.Pd., dan Kak Ode Nugraha, S.Pd. Seusai sesi games  ini, siswa diberi waktu kurang lebih 45 menit untuk membersihkan diri dan makan malam.

Sesi selanjutnya yaitu mendengarkan presentasi dari Sir Thomas Kristo,  Kamabigus SMAK Penabur Kota Wisata. Kegiatan berlangsung di Aula. Sesi ini dimulai pukul 19.00. Sir Thomas atau yang lebih akrab disapa Sir T menjelaskan banyak mengenai seberapa dalam kita mengenal diri kita sendiri, bagaimana jika kita dihadapkan pada suatu situasi yang sulit, mengenai pengalamannya dan menjelaskan tentang menjadi seorang berjiwa pramuka yang sebenarnya.  Pramuka-pramuka muda ini pun mendapat gambaran yang lebih jelas tentang jati dirinya. Presentasi yang dibawakan sangat interaktof ini menarik perhatian seluruh peserta.

Sesi di aula pun berakhir. Siswa-siswi SMAK 1 PENABUR Jakarta melanjutkan sesi berikutnya di lapangan yang diawali dengan penyalaan api unggun sambil menyanyikan lagu. Setelah api unggun menyala, dilanjutkan dengan sesi talent show dari setiap kelompok dengan tema yang sudah diundi pada hari sebelumnya. Sesi api unggun dan talent show berakhir  pukul 22.30 WIB. Siswa-siswi kembali ke gedung sekolah untuk beristirahat setelah mendengar renungan.

Pada hari kedua pukul 01.00 WIB siswa-siswi dibangunkan untuk mengikuti kegiatan  jurit malam. Pada sesi jurit malam ini ada games yang terdiri dari 8 pos yang harus diselersaikan setiap siswa. Kedelapan games tersebut yaitu buta-tuli-bisu, semakin panjang, Firman-mu, SMAK 1 Pintar, Pahlawanku, mencari barang, aku berani, dan percaya teman. Dengan antusias, panitia ( yang sudah mempersiapkan kegiatan di setiap pos)  dan peserta menyelesaikan seluruh kegiatan di malam buta ini. Sesi berakhir kira-kira pukul 4.30 WIB. Agar fisik tetap terjaga, siswa-siswi kemudian diperbolehkan untuk beristirahat.

Pukul 07.00 WIB siswa-siswi SMAK 1 PENABUR Jakarta dibangunkan untuk mengikuti kegiatan senam pagi. Setelah senam pagi siswa-siswi boleh kembali ke sekolah untuk sarapan pagi. Sesuai komando, mereka harus kembali lagi ke lapangan setelah sarapan untuk melakukan kegiatan berikutnya yaitu outbond. Pada kegiatan Outbond berisi games-games bertema : benang kusut, lari-lempar-tangkap, lompat karpet, aku basah, tiupan terkuat, menyebrang sungai, menahan air, dan jembatan udara. Karena kegiatan ini dilakukan  di lapangan yang cukup nyaman,  siswa-siswi pun mengikuti kegiatan ini dengan nyaman pula. Bahkan tidak terasa, kegiatan ini harus berakhir tanpa terasa letih dan lelah.

Sesi berikutnya adalah  kegiatan PBB yang dipimpin oleh bapak-bapak dari TNI Yonif 203 Arya Kemuning Tangerang. Kegiatan PBB ini berlangsung kira-kira 1 jam.  Dengan tegas, beberapa anggota TNI memimpin dan memberikan komando-komandonya. Dengan serius pula, siswa-siswi mengikuti dan melaksanakan komando tersebut.

Kegiatan PBB merupakan puncak dari kegiatan perjusa kali ini. Setelah melakukan gerakan-gerakan pendinginan, seluruh kegiatan ditutup dengan doa dan ucapan terima kasih dari Kak Yus, yang mewakili Kak Endang, Kamabigus SMAK 1 PENABUR Jakarta. Setelah acara penutup selesai siswa-siswi SMAK 1 diperbolehkan kembali ke sekolah untuk merapikan barang bawaan dan diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Perjusa adalah salah satu  langkah maju untuk menjadi pramuka sejati.

Lysandra Aminta Tjandra  (X  IIS 2)

Perjusa 2015 untuk bestteens

perjusa 2 untuk bestteensperjusa

perjusa IMG_2138 IMG_2160 IMG_2169 IMG_2171 IMG_2176 IMG_2186 IMG_2187 IMG_2190 IMG_2201 IMG_2203 IMG_2207 IMG_2213 IMG_2215 IMG_2217 IMG_2228 IMG_2234 IMG_2250 IMG_2251IMG_2228