MASUK SMA, BINGUNG MENENTUKAN PEMINATAN IPA ATAU IPS?

[powr-facebook-feed label=”Enter a Label”]

Parenting SeminarSMAK 1 PENABUR Jakarta mengadakan seminar parenting dengan thema Kreatif Memilih Peminatan IPA vs IPS. Seminar akan diadakan pada hari sabtu 24 September 2016 pukul 08.00 sd 10.00 bertempat di Aula lt.8 SMAK 1 PENABUR Jakarta. Seminar ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang karier apa saja yang sedang tren maupun yang akan tren ke depan, dengan demikian siswa tidak salah memilih peminatan di SMA dan bisa mempersiapkan diri sedini mungkin menyongong karier yang dicita-citakan.

Kunci sukses zaman dulu, seperti tekun dan kerja keras sudah tidak cukup untuk membekali generasi muda menghadapi tantangan abad 21 yang cepat sekali berubah.

Ada sebuah studi dari Oxford yang meranking 702 macam pekerjaan berdasarkan risiko tergantikan oleh komputerisasi. Sebagian besar yang tergolong risiko tinggi memang pekerjaan di level blue collar alias kelas bawah, seperti buruh pabrik, call centre, kasir, waitress, resepsionis hotel, dan lain-lain.

Tapi tidak semua yang berisiko tinggi adalah pekerjaan di level bawah. Dari daftar tersebut ada yg cukup mengejutkan, karena bidang ini masih menjadi pilihan favorit anak Indonesia, dan juga favorit ibu-ibu dalam memberikan saran jurusan untuk anaknya.

Bidang-bidang apa saja yang berisiko tergantikan oleh komputerisasi? Bidang-bidang apa yang tidak tergantikan oleh algoritma dan tidak lekang oleh waktu? Sebagai orang tua, bagaimana menyiapkan anak-anak untuk menghadapi tantangan abad 21?

Seminar ini memaparkan tren karier di abad 21 beserta contoh-contoh konkrit dampak perkembangan teknologi terhadap dunia usaha. Orang tua akan dipandu dengan jelas mengenai hard skills dan soft skills yang harus dimiliki anak, sehingga investasi pendidikan yang ditanamkan tidak akan sia-sia.