PERSIAPAN MASA PENSIUN SELAGI MUDA

   IMG-20161220-WA0009  Sebelum memasuki masa libur menyambut Natal dan Tahun Baru, para guru diperbaharui kembali dengan hari pembinaan. Menjelang tahun 2017, SMAK 1 PENABUR Jakarta melengkapi hari pembinaan dengan perencanaan keuangan sebagai persiapan dini masa pensiun selagi muda. Ibu Endang Setyowati selaku kepala sekolah ingin para guru beserta karyawan memiliki “bekal” dalam menyongsong masa pensiunnya dengan perasaan aman dan nyaman terutama dalam mengelola keuangan.

    Perencanaan keuangan kali ini difasilitasi oleh Bank Central Asia (BCA) salah satu bank terbesar yang ada di Indonesia. Kegiatan ini terwujud berkat jalinan komunikasi yang baik dengan alumni SMAK 1 bapak Armand Wahyudi Hartono selaku wakil presiden direktur dari BCA. Seluruh guru dan karyawan SMAK 1 PENABUR Jakarta disambut dengan baik oleh bapak dan ibu selaku tim dari BCA divisi Investasi dan Asuransi. Kegiatan berlangsung pada tanggal 20 Desember 2016 selama 3 jam dari pukul 12.00 sampai dengan 15.00

    Guru dan karyawan SMAK 1 PENABUR Jakarta mendapatkan informasi pentingnya perencanaan keuangan sejak dini dan berbagai produk yang ditawarkan untuk mewujudkan keuangan yang terencana dengan baik. Dua produk besar yang dimiliki BCA adalah reksa dana dan obligasi.  Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Manajer investasi adalah beberapa perusahaan proteksi dana yang memiliki kemampuan dalam pengelolaan keuangan. Beberapa manajer investasi yang bekerja sama dengan BCA antara lain Danareksa Investment Management dan Panin Asset Management serta beberapa manajer investasi lainnya. Menggunakan reksa dana, para nasabah tidak direpotkan untuk memantau fluktuasi keuangan melainkan dibantu oleh manajer investasi. Sedangkan obligasi adalah surat berharga dalam mata uang Rupiah maupun valuta asing yang dijamin pembayaran bunga dan pokoknya oleh Negara Republik Indonesia. Jika guru dan karyawan SMAK 1 PENABUR Jakarta tertarik dengan obligasi, tim BCA menyarankan untuk menginvestasikan keuangan pada obligasi Negara karena lebih terjamin. Adapun obligasi Negara dijamin dengan UU No.24 Tahun 2002 / UU No.19 Tahun 2008 menggunakan dana yang disediakan APBN setiap tahunnya.

    Selama 3 jam berlangsung, para guru dan karyawan SMAK 1 PENABUR Jakarta mendapatkan informasi mengenai kelebihan serta kekurangan baik dari reksa dana maupun obligasi. Selain itu BCA juga memberikan informasi mengenai syarat-syarat jika ingin merencanakan keuangan di reksa dana maupun obligasi. Informasi terasa lebih lengkap setelah tim BCA melakukan simulasi pada investasi reksa dana maupun obligasi. Kegiatan ini memperkaya strategi kami sebegai guru dan karyawan SMAK 1 PENABUR Jakarta dalam mengelola keuangan terutama untuk mempersiapkan keuangan di masa pensiun, bagaimana dengan anda? *(Novi Christina-Guru BK SMAK 1 PENABUR Jakarta)

20161220_12092620161220_12095620161220_12101720161220_121049