Imunisasi Difteri di SMAK 1 PENABUR Jakarta

Mencegah Lebih Baik…

Vaksinasi Difteri di SMAK 1 PENABUR Jakarta

Awal semester dua tahun pelajaran 2017-2018 ini, tepatnya Senin, 8 Januari 2017, seluruh peserta didik SMAK 1 PENABUR Jakarta mendapat suntikan imunisasi difteri di sekolah. Pemberian imunisasi dilaksanakan di dua tempat, di ruang UKS lantai 3 dan perpustakaan lantai 5.

Imunisasi difteri tahun ini merupakan program pemerintah untuk memelihara kesehatan masyarakat, terutama anak-anak. Hal ini disebabkan oleh maraknya korban penyakit yang bisa menyebabkan kematian ini di Indonesia sehingga membuat pemerintah mengambil tindakan yang bijaksana dengan memberi vaksin difteri kepada anak-anak di Indonesia secara gratis.

Ketua PB IDI mengatakan bahwa hingga saat ini 38 anak Indonesia dinyatakan meninggal dunia karena terserang penyakit difteri dan lebih 600 anak dirawat di RS karena terserang difteri di 120 kota/kabupaten, dikutip dari detiknews (18/12/17).

Salah satu cara yang ditempuh oleh pemerintah dalam pemberian vaksin sebanyak tiga kali kepada seluruh anak di Indonesia adalah dengan memberikan vaksin kepada seluruh peserta didik di sekolah-sekolah melalui PUSKESMAS setempat.

Prosedur pemberian vaksin kepada peserta didik tentu saja harus melalui persetujuan orang tua peserta didik. Peserta didik yang tidak mendapat ijin dari orang tua untuk mendapatkan vaksinasi tidak akan disuntik vaksin difteri di sekolah.

Di SMAK 1 sendiri hampir semua peserta didik mendapat suntikan difteri yang pertama di sekolah. Suntikan difteri yang kedua dan yang ketiga akan diberikan juga di sekolah oleh para dokter dari PUSKESMAS Grogol. Satu dua peserta didik tidak ikut mendapat suntikan karena takut jarum suntik. Pemberian vaksin dilaksanakan oleh dokter-dokter dari PUSKESMAS Grogol dengan jarum suntik baru untuk setiap peserta didik. Hal ini memang sangat penting demi mencegah penularan penyakit.

Pemberian vaksin difteri kepada anak-anak di seluruh Indonesia diharapkan dapat memutus penularan difteri di seluruh negeri. (rs)