Welcome New Students 2018 (MPLS2B)

Welcome New Students 2018 (MPLS2B)

Pada bulan Juli SMAK 1 PENABUR melaksanakan kegiatan MPLS2B (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Siswa Baru) dalam rangka menyambut siswa-siswi kelas 10 tahun ajaran 2018/2019 yang akan diadakan pada tanggal 16-20 Juli 2018. Acara ini dimulai dengan diadakannya briefing oleh kakak-kakak panitia kepada peserta MPLS2B yang dilaksanakan pada hari Jumat, 13 Juli 2018. Melalui briefing tersebut, para peserta diinformasikan mengenai kegiatan MPLS2B, tugas-tugas yang harus dikerjakan, barang-barang yang harus dibawa, dan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan selama kegiatan MPLS2B. Selama MPLS2B para peserta dibagi kedalam 9 kelompok yang terdiri dari gabungan seluruh siswa-siswi baik yang mengambil jurusan IPS maupun MIPA, hal ini bertujuan untuk membuat para siswa-siswi berbaur antara satu dan yang lain. Sebagian besar acara MPLS2B ini dilaksanakan di aula SMAK 1 PENABUR yang terletak di lantai 8.

Pada hari Senin, 16 Juli 2018, acara MPLS2B secara resmi telah dimulai. Seperti biasanya, kegiatan MPLS2B dimulai dengan diadakannya renungan pagi bersama di lapangan. Setelah renungan pagi, para siswa-siswi kelas 10, panitia, dan bapak/ibu wali kelas melaksanakan upacara bendera. Setelah upacara bendera para peserta MPLS2B mengikuti sesi-sesi yang telah diatur oleh panitia, sesi-sesi tersebut antara lain PBB, paparan wakil kepala sekolah, tata krama, tata tertib, NAPZA, wiyata mandala, IAYP, PKBN2K, dan sebagainya. Di antara sesi-sesi tersebut, panitia mengadakan smukie got talents, yang memberikan kesempatan bagi para peserta MPLS2B untuk menampilakan bakat-bakat yang mereka miliki, seperti bernyanyi, bermain alat musik, serta menari. Dengan diadakannya kegiatan-kegiatan seperti smukie got talent ini, para peserta diajak untuk kembali bersemangat dan melepas kejenuhan untuk sesaat. Para peserta juga tampak antusias dan bersemangat dalam menampilkan bakat yang mereka miliki atau pun menyaksikan teman-teman mereka menampilkan kebolehannya di atas panggung.

Pada hari Kamis, 19 Juli 2018, SMAK 1 mengadakan ibadah awal tahun yang diikuti oleh seluruh warga SMAK 1 PENABUR dan dilaksanakan di aula SMAK 1. Dalam ibadah awal tahun ini, diadakan pengenalan bapak/ibu guru yang akan mengajar di SMAK 1 pada tahun ajaran 2018/2019 serta pemberian penghargaan bagi para siswa-siswi yang telah berprestasi. Dengan diadakannya ibadah ini, SMAK 1 juga merayakan ulang tahun PENABUR dan SMAK 1 PENABUR yang jatuh pada tanggal 19 Juli 2018. Setelah ibadah akhir tahun, siswa-siswi kelas 10 mengerjakan ujian pemetaan dengan mata pelajaran Matematika dan IPA bagi para murid jurusan MIPA serta Matematika dan Bahasa Inggris bagi para murid dengan jurusan IPS. Setelah mengerjakan ujian-ujian tersebut para peserta MPLS2B menyaksikan demo ekskur yang ditampilkan oleh para perwakilan setiap ekstrakurikuler.

Pada malam hari tanggal 19 Juli 2018, diadakan penyambutan siswa-siswi baru ke dalam keluarga besar SMAK 1 PENABUR yang diikuti oleh para orang tua siswa-siswi baru. Setelah penyambutan siswa-siswi baru, SMAK 1 mengundang para alumni untuk berbagi pengalaman dan cerita selama di SMAK 1 kepada para adik-adik peserta MPLS2B. Pada malam harinya, para siswa-siswi dan panitia menginap di sekolah untuk satu malam. Para siswa-siswi beserta panitia menginap di ruang-ruang kelas yang telah ditentukan.

Pada hari Jumat, tanggal 20 Juli 2018, yang merupakan hari terakhir kegaitan MPLS2B 2018 ini para siswa dan siswi memulai hari dengan renungan bersama di ruang kelas masing-masing. Setelah renungan bersama, para siswa-siswi beserta panitia mengadakan senam pagi bersama di lapangan SMAK 1 yang dilanjutkan dengan games yang telah disediakan oleh panitia. Selama games para peserta MPLS2B dibagi kedalam 30 kelompok yang akan bermain di pos-pos yang sudah ditentukan. Selama games para siswa-siswi menunjukan antusias yang tinggi dan kekompakan dalam kelompok yang baik. Setelah games diadakan acara penutupan MPLS2B 2018 yang dilaksanakan di aula SMAK1, yang diisi dengan kesan pesan para peserta serta panitia dan guru. Setelah acara penutupan, maka MPLS2B 2018 SMAK 1 PENABUR dinyatakan selesai dan seluruh peserta didik kelas 10 dinyatakan siap untuk mengikuti pembelajaran di SMAK 1. Selamat berkarya, teman-teman. Semoga Tuhan menyertai pekerjaan kita di tahun pelajaran 2018-2019 ini. (Lois-XI MIPA 6)